Tentang Kami




Alpha Team
(Agency Terapis & Shadow Teacher)

Lembaga independen yang bekerja sama dengan YCHI untuk melatih dan menyalurkan calon-calon Terapis dan Shadow Teacher yang akan ditempatkan klinik tumbuh kembang anak dan sekolah-sekolah inklusi. yang juga dibantu oleh psikolog, dokter anak, dan terapis wicara. dengan menggunakan metode ABA (Applied Behavior Analysis)

Visi

Sebagai perekrut, pendidik, pelatih, dan penyalur Terapis & Shadow Teacher yang dapat menjangkau sekolah-sekolah inklusi dan klinik tumbuh kembang anak yang profesional dan berkualitas.

Misi

  • Untuk membantu para orang tua anak berkebutuhan khusus agar dapat diterima di sekolah-sekolah umum dan inklusi.
  • Agar anak-anak berkebutuhan khusus dapat tertangani dengan baik.
  • Membantu anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat mengikuti program belajar disekolah dan dapat diterima dilingkungan sekolah.



Tentang Shadow Teacher

 

Guru Pendamping atau sering dikenal dengan istilah shadow teacher, adalah seorang pendamping di bidang pendidikan pra-sekolah (pendidikan usia dini) dan sekolah dasar yang bekerja secara langsung dengan seorang anak berkebutuhan khusus selama masa tahun-tahun pra-sekolah dan sekolah dasar. Salah satu dari kriteria utama seorang Guru Pendamping (shadow teacher) adalah memahami karakteristik dan keanekaragaman dari anak-anak dengan kondisi kekhususan dan bagaimana menanganinya dengan baik dan benar.

Tugas Shadow Teacher

Menurut Skjorten dkk. dalam Pengantar Pendidikan Inklusif (2003), tugas guru pendamping adalah sebagai berikut :
  • Mendampingi guru kelas dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar
  • Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children) dalam menyelesaikan tugasnya dengan pemberian instruksi yang singkat dan jelas.
  • Memilih dan melibatkan teman seumur untuk kegiatan sosialnya. Menyusun kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.
  • Mempersiapkan Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children) pada kondisi rutinitas yang berubah positif.
  • Menekankan keberhasilan Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children) dan pemberian reward yang sesuai dan pemberian konsekuensi terhadap perilaku yang tidak sesuai.
  • Meminimalisasi kegagalan Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children) Memberikan pengajaran yang menyenangkan kepada Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children).
  • Menjalankan individual program pembelajaran yang menyenangkan kepada Anak Berkebutuhan Khusus (special needs children).
  • Menjalankan individual program pembelajaran yang terindividualkan (PPI).

Populer

Baru Saja Diterbitkan

Recent Posts Widget

Komentar Terbaru